7 February 2016

Resep Makanan Ringan Untuk Dijual Di Sekolah

Resep Makanan Ringan Untuk Dijual Di Sekolah

Resep Makanan Ringan Untuk Dijual Di Sekolah,- Berjualan makanan ringan adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini karena setiap orang membutuhkan makanan. Peluang jualan makanan ringan semakin besar manakala rumah anda berada dekat dengan sekolah. Namun bukan berarti peluang ini tidak untuk mereka yang jauh dari sekolah. Dan untuk anda yang ingin berjualan makanan ringan disekolah-an, berikut beberapa resep makanan ringan yang bisa anda jual disekolahan.

Resep Makanan Ringan Kue Putri Salju


Kue putri salju adalah sejenis makanan ringan yang termasuk dalam kategori kue kering. Bentuknya bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Rasanya yang manis tentu akan menjadi pengikat tersendiri bagi pelajar sehingga makanan ringan ini sangat tepat untuk dijual di sekolah.

Bahan  Makanan Ringan Kue Salju


Tepung terigu : 400 gram
Tepung maizena : 100 gram
Susu bubuk putih : 50 gram
Gula halus : 125 gram
Mentega : 300 gram
Keju parut : 50 gram
Kuning telur : 3 biji
Gula halus untuk taburan : secukupnya.

Cara Membuat Makanan Ringan Kue Salju


Cara membuat makanan ringan untuk dijual disekolah sangatlah gampang. Pertama, siapkan mixer untuk mengkocok gula halus, mentega dan kuning telur. Kedua, masukan keju parut kemudian aduk rata. Ketiga, masukan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Kemudian aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

Ke-empat, Setelah teraduk rata, ambil adonan dan cetak menyerupai bulan sabit kemudian tata di loyang. Ke-lima, setelah tersusun rapih di atas loyang, masukan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 140 derajat hingga matang. Ke-enam, ketika masih panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata. Maka jadilah makanan ringan dengan nama kue putri salju yang telah siap dijual di sekolah.

Resep Makanan Ringan Kue Nastar


Kue Nastar adalah makanan ringan yang tergolong sebagai kue kering. Kata nastar sendiri berasal dari belanda yaitu ananas dan tart yang artinya tart nanas. Bentuknya bulat dan biasanya terdapat topping di atasnya, seperti potongan cengkeh atau kismis. Meski biasanya makanan ringan ini disajikan saat lebaran, namun tidak ada salahnya jika makanan ringan ini dijual di sekolah-an.

Bahan Makanan Ringan Kue Nastar


Ada tujuh bahan yang harus anda siapkan untuk membuat makanan ringan kue kering nastar ini. Ketujuh bahan itu adalah sebagaiberikut:

Margarin : 150 gram
Butter : 100 gram
Gula halus : 90 gram
Susu bubuk : 50 gram
Tepung terigu : 350 gram
Kuning telur : 3 butir
Vanili bubuk : 3 sendok teh.

Bahan Untuk Selai Nanas


Nanas : 1 buah (dibelender atau diparut)
Gula pasir : 200 gram
Cengkeh : 2 butir
Batang kayu manis : 2 batang.

Bahan Untuk Olesannya


Kuning telur : dua biji
Teh air : ½ sendok teh
Madu : ½ sendok teh.

Membuat Selai Nanas dan Olesan Untuk Nastar


Pertama, nanas yang sudah dibelender atau diparut dimasak terlebih dahulu. Begitu juga kayu manis dan cengkeh. Ketiga bahan ini dimasak secara bersamaan hingga air menyusut. Selanjutnya, masukan gula pasir, lalu aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.

Kedua, selai yang tadi dibentuk menjadi bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera. Jangan membentuk selai terlalu besar, karena akan menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nastar menjadi rusak.

Ketiga, untuk olesannya, masukan dua buah kuning telur dan tambahkan ½ sendok teh air dan ½ sendok madu kemudian aduk hingga tercampur rata.

Resep Membuat Makanan Ringan Kue Lumpur


Seperti namanya, kue lumpur tergolongan sebagai makanan ringan basah sehingga tidak bertahan lama. Namun jika anda membuat makanan ringan ini untuk dijual disekolah, maka porsinya harus anda sesuaikan.

Untuk membuat makanan ringan ini, anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Kentang : 200 gram
Tepung terigu : 100 gram
Margarin : 50 gram
Gula pasir : 100 gram
Telur ayam : 2 butir
Santan : 150 mili liter
Air : 100 mili liter
Vanili : secukupnya
Cochocip : secukupnya
Kismis : secukupnya

Cara Membuat Makanan Ringan Kue Lumpur


Membuat adonan pertama; kentang dikukuskan kemudian dihaluskan. Santan dan air dimasak hingga mendidih kemudian dinginkan sejenak. Setelah dingin, campurkan kentang halus yang telah dikukus tadi dengan santan, kemudian diblender sampai halus.

Membuat adonan kedua; gula dan telur dicampurkan kemudian dikocok hingga berwarna putih. Namun jangan sampai berbusa maupun mengembang. Kemudian, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Lalu, tambahkan vanili dan margarin. Kocok sebentar dan sisihkan.

Selanjutnya campurkan kedua adonan di atas. Kocok sampai rata dan adonan sudah siap dicetak. Setelah itu, adonan dipanggang menggunakan api kecil. Jangan lupa ditutup supaya matangnya merata. Untuk toppingnya, gunakan cochocip, pisang, kismis atau lainnya. Tunggu hingga matang, angkat lalu silahkan anda jual di sekolah-an.

Resep Makanan Ringan Kue Sus


Kue sus adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).

Bahan Makanan Ringan Kue Sus


Bahan kue sus terbagi menjadi dua; bahan untuk membuat kulit kue sus dan bahan untuk membuat vla vanilla.

Bahan Untuk Kulit Sus


Margarin : 125 gram
Terigu : 150 gram
Air 220 mili liter
Telur : 3 butir besar (untuk telur kecil diperlukan 4 butir)

Bahan Untuk Vla Vanilla


Tepung maizena : 60 gram
Gula pasir : 150 gram
Margarin : 1 sendok makan
Tepung custrad : 1 sendok makan
Kuning telur : 2 biji
Susu UHT : 650 mili liter
Vanilla bubuk : secukupnya
Garam : secukupnya

Cara Membuat Kulit Sus


Cara Membuat kulit sus melalui 14 proses sebagai berikut:

Pertama, siapkan semua bahannya;

Kedua, siapkan panci, kemudian tuangkan air, masukan margarin, lalu dimasak hingga mendidih.

Ke-tiga, tambahkan terigu ke dalam campuran air dan margarin yang masih dalam keadaan mendidih.

Ke-empat, adukan campuran bahan-bahan di atas hingga kalis dan tidak menempel di dinding panci. Untuk mengaduknya, anda bisa menggunakan solet kayu.

Ke-lima, diamkan adonan sebentar sampai hangat.

Ke-enam, jika adonan telah hangat, aduk sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Adonan ini di aduk hingga menjadi butiran-butiran dan rata.

Ke tujuah, masukan telur satu persatu sambil terus di aduk. Saat telur terahir dimasukan, tambah kecepatan mixer menjadi satu atau dua tingkatan lebih cepat dari sebelumnya.

Ke-delapan, aduk terus hingga adonan menjadi berlipat-lipat, kental dan padat.

Ke-sembilan, siapkan plastik piping bag (segitiga) dan juga spuit bulat atau spuit 1 M.

Ke-sepuluh, masukan plastik ke dalam gelas agar adonan tidak meleber ke mana-mana kemudian ambil adonan menggunakan sendok.

Ke-sebelas, saat melangkah ke proses pencetakan, panaskan oven pada suhu 200 derajat.

Ke-duabelas, siapkan piping bag lagi untuk dijadikan cover terluar, plastik dan tempat spuit. Dengan demikian, posisi plastik yang ada adonannya berada dibagian dalam. Guntung bagian ujungnya.

Ke-tigabelas, siapkan loyang yang telah diolesi margarin. Letakan kertas bakar yang juga telah diolesi margarin. Untuk cetakannya, gunakan cetakan pie yang diolesi margarin. Tujuannya agar ketika kue sudah matang, maka anda bisa melepasnya dengan mudah. tuangkan adonan kue sus ke dalam cetakan. Cara mencetaknya, putar balik dari dalam ke luar.

Ke-empatbelas, masukan loyang yang berisi sedikit air ke dalam loyang yang sudah panas. Jangan buka oven selama 20 menit atau sampai buih-buih pada kulit kue sus menghilang. Panggang sampai matang.

Cara Membuat Vla Vanilla


Pertama, persiapkan bahan-bahannya sebagaimana yang telah idjelaskan di atas. Tambahkan tepung custrad 1 sendok makan agar vla vanillanya terasa lebih enak.

Ke-dua, siapkan mangkuk agak besar kemudian masukan kuning telur dan tuangkan susu ke dalamnya.

Ke-tiga, aduk berlahan sampai kuning telur tercampur rata.

Ke-empat, tambahkan tepung maizena ke dalam adonan. Lalu aduk kembali sampai rata.

Ke-lima, panaskan sisa susu dan tambahkan tepung custrad, gula pasir dan juga garam.

Ke-enam, jika susu telah berbuih kecil dipinggirnya, tuangkan campuran susu, kuning telur dan tepung maizena di atasnya. Aduk sampai mengental kemudian masak hingga adonannya meletup.

Ke-tujuh, masukan margarin ke adonan. Aduk kembali sampai adonan tercampur rata.

Ke-delapan, saat margarin dimasukan, warna vla akan sedikit berubah menjadi kekuningan.

Cara Mengisi Sus


Satu, siapkan kulit sus. Lubangi atau sobek menggunakan gunting. Beri vla vanilla menggunakan plastik piping bag. Dua, kue sus telah jadi dan siap untuk dijual disekolah.

Resep Makanan Ringan Kue Pukis


Bahan-Bahan:


Tepung terigu : 250 gram
Ragi instan : 1 sendok makan
Gula pasir : 200 gram
Garam : ½ sendok teh
Vanili bubuk : ½ sendok teh
Telur ayam : 2 butir
Margarin : 20 gram
Santan kelapa : 125 mili liter
Pasta vanilli : ½ sendok teh
Air hangat : 50 ml
Keju parut : secukupnya.

Cara Membuat Makanan Ringan Kue Pukis


Pertama, ragi instan dilarutkan ke dalam air hangat selam 10 menit atau sampai keluar busa.

Kedua, kocok telur, gula pasir, dan garam dalam satu wadah menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.

Ke-tiga, tepung terugu dan santan dimasukan sedikit-demi sedikit ke dalam kocokan telur. Aduk sampai rata. Ragi instan yang sudah dilarutkan dengan air di masukan. Aduk rata lalu diamkan selama 30 menit.

Ke-empat, margarin cair dimasukan dan pasta vanilli ke dalam adonan. Aduk hingga rata.

Ke-lima, panaskan cetakan kue pokis dan olesi dengan mentega.

Ke-enam, taburi dengan kejudi atas kue yang sudah dicetak lalu tutup dan tunggu sampai matang.

Ke-tujuh, angkat kue pukis lalu anda bisa mulai menjual makanan ringan di sekolah-an.

Cara Membuat Makanan Ringan Kue Semprit


Bahan-Bahan


Tepung terigu : 350 gram
Tepung meizena : 100 gram
Mentega : 200 gram
Gula bubuk : 200 gram
Kuning telur : 4 biji
Putih telur dua biji
Sukade/ buah kering untuk hiasan : 50 gram
Vanila bubuk ½ sendok makan
Garam ½ sendok makan
Margarin untuk dioleskan.

Cara Membuat


Satu, mentega dan ½ bagian gula di kocok hingga mengembang. Masukan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.

Dua, tepung terigu dimasukan bersama garam, vanilli bubuk dan teoung maizena. Aduk berlahan menggunakan sendok kayu sampai rata.

Tiga, kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku kemudian masukan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampu rata.

Empat, masukan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Bagian atasnya dihias dengan buah sukade.

Lima, panggang dengan suhu 160 derajat selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Setelah itu anda bisa menjualnya di sekolah-an.

Demikianlah ahir dari artikel Resep Makanan Ringan Untuk Dijual Di Sekolah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 
Post a Comment

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner