18 June 2016

Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan

Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan,- Tadi sore, saat ngabuburit saya melewati sebuah warung yang di depannya dipajang benner bertuliskan Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan. 

Karena saya pun menyukai es buah sebagai minuman saat buka puasa, maka saya putuskan mampir. Di dalam warung saya melihat beberapa buah yang telah diracik menjadi bulat-bulat kecil seukuran kelereng. Buah-buah itu diletakan di dalam lodong. Ada buah pepaya, melon, dan timun suri. 

Saya pun memesan 4 bungkus untuk dibawa pulang. Ketika sipenjual membuatkan pesanan, saya sempatkan untuk bertanya-tanya soal cara membuat es buah. Barangkali bisa menjadi informasi bagi sobat resep mama terkait Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan.

Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan

Sambil membuat pesanan, si penjual menjawab pertanyaan saya. Pertama-tama ia menjelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Es Buah Segar sebagai berikut:

  • Buah melon 
  • Buah Pepaya 
  • Buah timun suri 
  • Gula pasir
  • Air
  • Susu kental manis
  • Es batu
  • Sirup vanilli


Saya bertanya: apakah buah-buahannya harus sama persis? 

Sipenjual menjawab: tidak mbak. Sesui selera. Saya sebutkan nama-nama buah itu karena saya pedagang. Yang namanya pedagang harus menyesuaikan selera pembeli. Kan ada pembeli yang hanya suka pepaya atau melon atau timun suri atau kolang-kaling. Ada juga yang menyukai semuanya. Jika buah yang saya sediakan banyak, kan dapat menarik banyak pembeli. Kalau mbak mau Cara Membuat Es Buah Segar untuk dikonsumsi sendiri, maka buahnya disesuaikan selera. Jika berkenan, bisa ditambahi buah kolang kaling.

Setelah itu sipenjual mulai menjelaskan Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan, sebagai berikut:

  • Buah pepaya dibelah kemudian dicetak dengan bentuk bulat seperti kelereng. Demikian pula buah melon dan timun suri. Jika tidak memiliki alatanya, bisa dipotong kecil menyerupai dadu. 
  • Gula pasir direbus menggunakan air selama 30 menit atau sampai mendidih. Kemudian campurkan semua buah di atas dalam satu wadah. Tuangkan susu kental dan sirup vanilli. Masukan es batu. Sajikan. 


Jika Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan terlalu ribet, maka anda bisa mencoba cara membuat es buah yang lebih simpel. Cara ini saya dapatkan dari teman saya yang rajin membuat minuman buka puasa ramadan sendiri. 

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Blewah 250 gram (kerok memanjang)
  • Sari kelapa 250 gram
  • Gula pasir 100 gram (larutkan dengan air)
  • Es batu secukupnya


Cara Membuatnya sangat mudah san simpel. Ambil gelas. Masukan blewan dan sari kelapa. Masukan gula yang telah dilarutkan dalam air. Tuangkan es batu dan sajikan. 

Bagaimana? Mudahkan Cara Membuat Es Buah Segar Spesial Minuman Buka Puasa Ramadan? Selamat mencoba. Semoga sukses. 

No comments:

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner